Dec

17

Memuat berkas VRML pada ARToolKit

Posted by : Wibisono Sukmo Wardhono | On : 17 December 2014

Setelah anda berhasil me-render berkas obyek virtual VRML pada tugas besar UTS, berkas tersebut dapat anda tambahkan ke dalam ARToolKit dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Salin berkas VRML (misal: obyek.wrl) ke dalam folderC:\ARToolKit\bin\Wrl.
  • Dari dalam folderC:\ARToolKit\bin\Wrl bukalah salah satu berkas ber-ekstensi dat (misal: snoman.dat) dengan menggunakan Notepad++ atau WordPad, kemudian Save As.. dengan nama obyek.dat (sesuaikan dengan nama berkas VRML anda untuk memudahkan identifikasi)
  • Pada baris pertama obyek.dat, ubahlah nama berkas VRML yang semula snoman.wrl menjadi obyek.wrl kemudian simpan.

wrl-01

  • Bukalah kembali berkas object_data_vrml dengan menggunakan Notepad++ atau WordPad, ubahlah jumlah pattern di bawah hashtag “#the number of patterns to be recognized” menjadi 3 (jumlah ini ditentukan oleh banyaknya marker yang ingin dimasukkan)
  • Salinlah bagian VRML pada #pattern 1 dan ubahlah menjadi #pattern 3 (perhatikan gambar), ubahlah bagian VRML menjadi path Wrl/obyek.wrl dan bagian pattern menjadi Data/patt.geo (menyesuaikan berkas pattern yang telah anda buat)

wrl-02

  • Jalankan kembali simpleVRML.exe dan periksalah hasilnya, jika program berjalan namun obyek VRML tidak muncul, ada kemungkinan permasalahan terletak pada obyek tersebut, hal tersebut antara lain diakibatkan oleh ukuran berkas yang terlalu besar, tipe VRML tidak didukung ARToolKit atau proses rendering yang tidak berjalan dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*